Terapi Permainan untuk Tunagrahita (Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi)

by on March 11, 2012

Sering kita dengar istilah kuper (kurang pergaulan) yang digunakan untuk menyebut orang yang kurang dalam bersosialisasi. Sebenarnya, kehidupan sosial seseorang tidak hanya dilihat dari berapa jumlah teman bermainnya. Seberapa jauh pernah mengunjungi tempat tertentu.

Berlaku pula pada TG, keterbatasan yang mereka miliki sering membuat mereka enggan bersinggungan dengan orang di sekitar. Sebaliknya, orang sekitar pun engggan untuk berkomunikasi dalam waktu lama dengan mereka. Hal ini tak seharusnya terjadi. Karena keselarasan dalam hubungan sosial antara TG dan lingkungan sekitarnya dapat terbina dengan baik.

Hal yang membuat anak TG malas untuk membuka diri pada lingkungan sekitar mereka salah satunya adalah pandangan minim orang-orang sekitar. Sempitnya pandangan orang tentang keadaan fisik dan mental mereka. Membuat mereka krisis kepercayaan. Jika hal ini terjadi, ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan sosial anak TG.

Misalnya, melibatkan si anak pada kegiatan sosial secara langsung. Pergi ke pusat perbelanjaan, kantor pos, bank, hingga tempat peribadatan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak TG.

Jika si anak belum merasa siap atau berani untuk berkunjung langsung, Lakukan simulasi di rumah. Misalnya dengan bermain jual beli. Gunakan uang mainan dan barang seadanya sebagai item yang akan digunakan utnuk transaksi. Biarkan si anak yang menentukan akan jadi penjual atau pembeli.

Permainan yang sering dimainkan akan membuat si anak lebih berani. Sehingga memiliki pikiran,..mungkin yang dilakukan ibu di supermarket sama seperti yang dicontohkan di rumah. Jika si anak sudah mau diajak secara langsung, biarkan si anak yang berinteraksi dengan kegiatan belanja tersebut.

Biarkan dia yang menitipkan jaket. kemudian biarkan dia yang mengambil troli, memilih barang sesuai intruksi anda, dan biarkan dia yang membayar di kasir. Begitu seterusnya. So,..Tunagrahita ndak harus kuper kan :)

Leave a Comment

Previous post:

Next post: