Terapai Permainan untuk Tunagrahita (Bidang Intelektual)

by on December 12, 2011

Kemampuan intelektual dapat dikembangkan dengan permainan menghitung, permainan drama, tebak-tebakan, pesan berantai, dan sebagainya. Saya ambil contoh permainan berhitung. Permainan ini dapat dihubungkan dengan permainan bidang akademik. Mari kita kreasikan.

Alat yang dibutuhkan adalah :

  1. Alat dan bahan bidang akademik. Jika sudah siap, aplikasikan.
  2. Siapkan bola warna-warni. Jika membeli bola terlalu mahal, sebagi pengganti gunakan sedotan atau stik es krim warna-warni. Toko alat tulis menyediakan.
  3. Kardus bekas ukuran sedang untuk menempatkan bola. Jika menggunakan sedotan atau stik es krim gunakan gelas palastik untuk wadah.

Aturan mainnya:

  1. Letakkan bola/sedotan/stik es krim secara acak pada satu tempat.
  2. Letakkan bola pada kardus sesuia warna. Jika ada tiga warna berarti ada tiga kardus. Tujuannya untuk member tanda kardus pertama untuk bola warna merah. Kardus kedua untuk bola warna kuning. Kardus ketiga untuk bola warna hijau.
  3. Beri contoh pada si anak. Ia harus mengklasifikasikan bola sesuai warna dan meletakkannya pada wadah yang telah tersedia.
  4. Hitung masing-masing bola dalam kardus sesuai warna. Usahakan jumlah bola tiap warnanya berbeda.
  5. Jika sudah menghitung dengan benar gunakan kartu angka untuk penulisannya. Dapat juga dikembangkan dengan penjumlahan ayau pengurangan. Dan penulisannya gunakan kartu angka.

Jika permainan ini sejak dini rutin dimainkan. Kemampuan intelektual sia anak akan semakin terasah. Terutama bidang matematika. Selamat mencoba :)

Tentang Lara Asih Mulya
Lara Asih Mulya On facebookLara Asih Mulya,S.Pd. Adalah seorang pengajar Bahasa Indonesia. Selain menulis tentang Tunagrahita, beliau juga menulis artikel dengan topik pendidikan di blog pribadinya: LaraAsih.com. Anda bisa menghubungi beliau via Facebook, atau YM: la262_86.

toko online Anda butuh jualan online? Hanya butuh 5 menut untuk buka Toko Online di Troli.in.
Buat toko anda sekarang.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: