Pengertian Tunagrahita

by on April 26, 2011

Tunagrahita termasuk dalam golongan anak berkebutuhan khusus (ABK). Pendidikan secara khusus untuk penyandang tunagrahita lebih dikenal dengan sebutan sekolah luar biasa (SLB). Pengertian tunagahita pun bermacam-macam.

Tunagrahita ialah istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata. Istilah lain untuk tunagrahita ialah sebutan untuk anak dengan hendaya atau penurunan kemampuan ayau berkurangnya kemampuan dalam segi kekuatan, nilai, kualitas, dan kuantitas.

Pengertian lain mengenai tunagrahita ialah cacat ganda. Seseorang yang mempunyai kelainan mental, atau tingkah laku akibat kecerdasan yang terganggu. Istilah cacat ganda yang digunakan karena adanya cacat mental yang dibarengi dengan cacat fisik. Misalnya cacat intelegensi yang mereka alami disertai dengan keterbelakangan penglihatan (cacat mata). Ada juga yang disertai dengan gangguan pendengaran.

Namun, tidak semua anak tunagrahita memiliki cacat fisik. Contohnya pada tunagrahita ringan. Masalah tunagrahita ringan lebih banyak pada kemampuanĀ  daya tangkap yang kurang. Secara global pengertian tunagrahita ialah anak berkebutuhan khusus yang memiliki keterbelakangan dalam intelegensi, fisik, emosional, dan sosial yang membutuhkan perlakuan khusus supaya dapat berkembang pada kemampuan yang maksimal.

 

 

Tentang Lara Asih Mulya
Lara Asih Mulya On facebookLara Asih Mulya,S.Pd. Adalah seorang pengajar Bahasa Indonesia. Selain menulis tentang Tunagrahita, beliau juga menulis artikel dengan topik pendidikan di blog pribadinya: LaraAsih.com. Anda bisa menghubungi beliau via Facebook, atau YM: la262_86.

toko online Anda butuh jualan online? Hanya butuh 5 menut untuk buka Toko Online di Troli.in.
Buat toko anda sekarang.

{ 6 comments… read them below or add one }

grahita August 31, 2011 at 2:58 pm

assalamualaikum wr.wb
saya minta izin mengutip beberapa kalimat di blog anda, untuk menambah referensi di blog saya (blog ini tugas dari dosen saya), saya akan menuliskan sumber dari kalimat yang saya kutip. terima kasih. :)

Reply

lala September 6, 2011 at 3:54 pm

@Grahita
Waalaikumsalam,…silahkan,…asal sesuai etika ya :)

Reply

Yudi July 15, 2012 at 11:51 am

Assalamu’alaikum wr.wb
Mba saya copy content blog anda untuk referensi praktek kerja lapangan dan penulisan laporannya sesuai dengan kaidah yg berlaku. Mohon perkenan dan izinnya. Terima kasih

Reply

lala July 26, 2012 at 11:43 pm

@Yudi
Waalaikumslam,..monggo mas Yudi,..tetap cantumkan sumber ya :)

Reply

Dwi Utari November 22, 2012 at 7:00 am

assalamualaikum wr.wb
Mba, izin mengcopy dari Blog Anda ya? sebagai referensi pada tugas makalah yang Saya buat :D
terima kasih sebelumnya

Reply

lala March 6, 2013 at 3:24 pm

@Dwi Utari
silahkan,…:)

Reply

Leave a Comment

Next post: